Jumat, 07 Januari 2011

Susah Tidur? Bacalah Obatnya

foto
Sulit memejamkan mata? Masalahnya mungkin bukan dari mata Anda tapi dari apa yang Anda makan. Makan makanan yang tepat menjelang tidur bisa membuat orang lebih cepat tidur dan nyenyak. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa jadi bekal yang baik menjelang menyambut mimpi indah.
1. Kacang almond
Magnesium bukan hanya mengudang kantuk tapi juga membuat otot lebih relaks. Proteinnya juga menjaga kadar gula darah saat tidur, dan mengubah adrenalin dari siklus aktif menjadi siklus istirahat.
2. Teh
Menghindari segala yang berbau kafein, baik dilakukan menjelang tidur. Tapi teh chamomile justru pengundang rasa kantuk yang efektif. Pilihan lain, adalah teh hijau. Teh mengandung tanin yang baik untuk mengundang kantuk.
3. Sup Miso
Sup ala Jepang ini mengandung asam amino yang bisa mendorong produksi melatonin hormon alami yang bisa membuat Anda terus ingin menguap dan mengantuk. Sementara cairan hangat, bisa meringankan gejala flu dan rasa dingin di malam hari.
4. Pisang
Pisang adalah sumber magnesium dan potasium yang sempurna yang membantu merelakskan otot. Pisang juga mengandung tritopan yang dalam tubuh berubah menjadi serotonin dan melatonin, dua kunci hormon yang menenangkan di otak.
5.Susu
Susu, yogurt atau keju mengandung tritopan yang berefek membuat orang lebih mudah mengantuk. Sementara kandungan kalsiumnya baik untuk mengurangi stres dan menstabilkan serat saraf di otak.
6. Oatmeal
Oatmeal bukan hanya untuk sarapan, tapi juga bekal yang baik menjelang masa istirahat. Oatmeal kaya akan kalsium, magnesium, fosfor, silikon dan potasium yang baik untuk mengantar Anda menuju alam mimpi. Tapi hindari gula saat menyiapkannya. Sebagai gantinya tambahkan buah yang rasanya sudah manis seperti pisang.
7. Telur
Kadang kala orang bisa terus terjaga ketika seharusnya mulai mengantuk karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, dan kekurangan protein. Terlalu banyak karbohidrat akan membuat kadar gula naik, lalu tiba-tiba turun saat Anda tertidur yang membuat orang terbangun dan sulit tidur lagi. Solusinya? Makanlah telur, keju, kadang atau cemilan apapun yang tinggi protein.
8. Edamame atau Kedelai Hijau
Ingin yang asin-asin sebelum tidur. Segenggam kedelai hijau kukus, cukup untuk membuat mata terasa berat. Fitoestrogen dalam makanan ini juga punya khasiat tambahan buat perempuan yang mengidap gejala yang berhubungan dengan menopouse.
9. Buah Ceri
Buah ceri kaya akan melatonin yang sangat baik untuk membantu mengurangi insomnia. Walau para ahli masih memperdebatkan berapa dosis tepat untuk membuat ngantuk, namun mencoba segelas jus ceri atau kue berbahan ceri tak ada salahnya.
10. Sereal
Jangan merasa bersalah berbekal semangkuk sereal sebelum tidur. Kudapan yang kaya serat ini dijamin dengan cepat mengundang rasa kantuk buat Anda. Tapi pilih yang redah gula dan berasal dari gandum utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar