Senin, 24 Januari 2011

PSM Mendapatkan Pemain Marquee Player Dari Konsorsium LPI Yang Bernama Richard Knooper Dan Menjadikannya Pemain Termahal diIndonesia

Pemain bintang PSM, Richard Knopper (tengah) didampingi personil manajemen PSM, Zakir Sabara dan Anno Suparno saat tiba di Hotel Singgasana.






 PSM Mendapatkan Pemain Marquee Player Dari Konsorsium LPI Yang Bernama Richard Knooper yang bercita-cita ingin menularkan Total Football


Richard Knopper, bakal menjadi milik PSM. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu kini menjadi pemain termahal dimiliki PSM.

Knopper yang pernah satu tim bersama Edgard Davis dan Patrick Kluivert itu, mendapat bayaran Rp1,6 miliar per musim. Dia langsung dikontrak dua musim. Berarti kontraknya Rp3,2 miliar.

Pemain termahal di Indonesia saat ini adalah Zah Rahan yang diboyong Persipura Jayapura dari Sriwijaya FC senilai Rp1,4 miliar disusul Keith Kayamba dan Bambang Pamungkas Rp1,3 miliar.

Seremoni penadatanganan kontrak akan digelar Senin, 24 Januari hari ini di Hotel Singgasana sambil menunggu bagian legal konsorsium LPI. "Finalisasi digelar besok (hari ini, red). Knopper sisa menjalani tes kesehatan setelah itu akan menjadi milik PSM," kata Managing Director PSM, Husain Abdullah, Minggu, 23 Januari.

Manajemen PSM juga memastikan pemain berusia 34 tahun itu akan turun membela PSM melawan Aceh United, 30 Januari. KITAS dan Visa segera dibereskan pihak konsorsium dalam waktu dekat.

Ucheng--panggilan akrab Husain Abdullah--menyatakan bahwa sejatinya Knopper adalah seorang second striker. Namun produktivitasnya cukup mumpuni. Dia pernah mengoleksi 15 gol dalam semusim untuk level kompetisi Belanda. Tidak jauh berbeda dengan produktivitas Andi Oddang yang berfungsi sebagai striker murni.

"Yang penting naluri golnya. Saya kira pelatih bisa menempatkan dia sesuai fungsinya. Ini kesempatan untuk striker lokal seperti M Rahmat mengasah diri," tambah Husain.

Bergabungnya Knopper menggenapkan lima kuota pemain asing PSM. Manajemen berharap bergabungnya Knopper ikut menjaga tradisi PSM sebagai tempat berlabuh pemain top asing di Indonesia seperti Jacksen F Tiago, Luciano Leandro, Oscar Aravena, Cristian Gonzalez, Aldo Barreto, Carlos de Melo, Abanda Herman, dan Ronald Fagundez.

Knopper menjadi alumni Ajax pertama berlabuh di skuad Pasukan Ramang. Kebesaran nama Knopper diharapkan bisa membawa keberuntungan bagi PSM, setidaknya meraih gelar juara di kompetisi LPI tahun pertama. 


Sumber :http://www.fajar.co.id/read-20110123231533-knopper-termahal-di-indonesia


Semua klub kontestan LPI mendapatkan jatah marquee player atau pemain bintang dari pihak konsorsium. Demikian halnya dengan PSM Makassar. Setelah beberapa nama dikait-kaitkan bakal bergabung, akhirnya pemain bintang dunia yang bergabung adalah Richard Knooper sehingga membuat PSM Makassar sebagai satu-satunya klub pertama ditanah air yang mampu merekrut mantan pemain Ajax Amsterdam.
Mantan bintang Ajax Amsterdam 1997-2004 ini menyingkirkan sejumlah nama yang sempat masuk bidikan manajemen.
Seperti, Edgar Davids, Alexander Zickler, Robbie Fowler, Jesper Blomqvist, hingga mantan penyerang kenamaan Barcelona asal Belanda, Patrick Kluivert.
Knooper, Senin (24/1), sudah siap berlatih dan membela PSM di ajang kompetisi LPI. Berikut kutipan wawancara pemain berusia 33 tahun ini  saat ditemui Tribun di Hotel Singgasana, Sabtu (22/1) lalu.

Kesan dengan Makassar?

Untuk pertama kalinya saya menempuh perjalanan udara selama 20 jam dengan transit di dua bandara, Dubai dan Jakarta. Melelahkan tapi langsung hilang setelah mendapat sambutan warga Makassar yang ramah.

Anda melihat pertandingan PSM melawan Persema, ada komentar?


Permainan PSM cukup bagus. Bola mengalir dengan cepat dari tiap pemain. Hanya saja saya melihat para pemain masih berdiri pada posisi yang saling berjauhan.
Ketika bola sudah sampai di tengah, kadang bek jauh di belakang. Demikian pula saat diserang, beberapa pemain masih belum merapat ke belakang.

 Apakah itu seperti gaya total football di Belanda?

Saya pikir bukan soal hal tersebut. Semua gaya bermain sepakbola mirip satu sama lain. Sederhananya, kita sebagai pemain harus ada yang selalu dekat dengan rekan yang bawa bola. Mungkin itu juga gaya total football. Dan saya bermimpi bisa memainkannya bersama para pemain PSM.

Apa kira-kira yang dibutuhkan PSM setelah menyimak pertandingan?

Dari pandangan saya, tim butuh striker yang bisa menahan bola dan mengumpan ke temannya di lini depan. Jika PSM punya striker seperti itu, mungkin bakal lebih mudah mencetak gol.

Anda diharapkan bisa memainkan peran itu?

Saya memang beberapa kali bermain sebagai  striker. Dan musim lalu saya mencetak 10 gol bersama ADO Den Haag. Juga ada beberapa assist saya buat. Tapi posisi saya murni adalah gelandang serang.

Dimana posisi dalam tim?

Di belakang striker, tapi semua kembali ke kebijakan pelatih. Jika diminta menjadi seorang striker, tentu saya akan menjalankannya. 

Data diri
Nama: Richard Knopper
Tanggal lahir: 29 Agustus 1977 (33)
Tempat lahir: Rijswijk, Belanda
Tinggi: 1,77 m (5 ft 9 1/2 in)
Posisi bermain: Gelandang serang, striker

Karier muda
1984-1988 RVC Rijswijk
1988-1993 Feyenoord
1993-1997 Ajax

Karier senior
1997-2004 Ajax 67 main(19-gol)
2002-2003 Aris (pinjam) 21 (1)
2003-2004 Heerenveen (pinjam) 32 (9)
2004-2006 Vitesse Arhem 47 (8)
2006-2010 Den Haag 85 (17)


Sumber : http://makassar.tribunnews.com/read/artikel/147187

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar