Sabtu, 22 Januari 2011

Mantan Pemain AJAX Richard Knopper Berangkat Ke Indonesia Untuk Memperkuat PSM


Kamis ini ia berangkat ke Indonesia, ke ibukota Sulawesi Tenggara, Makassar untuk nego lebih jauh tentang karir sang pesepak bola di klub PSM Makassar.
"Saya selama satu minggu di sana, kalau deal maka akan terus di sana selama dua tahun," ujar mantan pemain gelandang tengah ADO Den Haag dengan antusias.
Knopper serius main sepak bola sejak muda. Bakatnya sudah terlihat sejak bergabung dengan klub remaja Feyenoord Rotterdam. Setelah masuk tim muda Ajax, kebolehan lelaki kelahiran tahun 1977 itu makin mantap.
Gemilang
Tak heran jika klub besar Amsterdam Ajax merekrutnya selama lima tahun. Pada masa tersebut Richard menyarangkan 19 gol dari 66 pertandingan. Ia sempat dipinjamkan kepada klub Yunani, Aris Saloniki.
Pulang dari Yunani, Knopper kemudian main untuk klub-klub besar Belanda lainnya seperti SC Heerenveen dan Vitesse Arnhem. Klub terakhirnya adalah ADO Den Haag. Selama berkiprah di liga utama Belanda, permainan lelaki yang sudah punya satu anak perempuan ini boleh dibilang gemilang.
Sebagai pemain tengah, ia tak jarang melakukan serangan ke depan. Ia pun dipandang mampu memanfaatkan lebar lapangan. Catatan Radio Nederland menemukan Richard hanya pernah mengalami cedera serius satu kal.
Kontak LPI
Walau tidak banyak diturunkan dalam tahun-tahun belakangan, kondisi Richard Knopper tetap prima. Ia sangat senang dihubungi Liga Primer Indonesia.
"Mereka kontak lewat email kemudian telepon, saya bahkan tidak tahu wajah mereka, tapi saya menyambut baik," kata Richard kepada Radio Nederland.
Lucunya, sekalipun sering bertandang ke luar negeri, ia belum pernah ke Indonesia.
"Makanya jadi tegang, saya hanya tahu Indonesia dari tulisan. PSM Makassar tahu lewat internet, lihat videonya lewat internet, terus terang saya tidak tahu banyak."
Jaminan
Richard Knopper tak berani bilang seberapa besar negosiasi akan berujung sukses. Yang jelas, tukasnya, uang bukan utama. Ia ingin PSM Makassar menjadi klub di mana ia bisa memperlihatkan kehebatan permainannya untuk terkahir kali.
"Saya ingin membawa sukses bagi Makassar sebelum pensiun," ujarnya penuh semangat.
Lalu faktor apa yang paling menentukan dalam pembicaraan di Makassar?
"Saya ingin jaminan hidup bagi istri dan anak saya di Indonesia," kata Richard dalam bahasa Belanda. "Saya ingin mereka bisa tenang tinggal di Indonesia, dan anak saya bisa sekolah internasional di sana."
Papan atas
Kalau itu dipenuhi, maka ini untuk pertama kalinya seorang pesepak bola kategori papan atas Liga Belanda main di Indonesia.
"Ah saya juga tahu itu, oleh karena itu saya penasaran, kita lihat saja nanti setelah satu pekan," katanya sambil tertawa lepas.
Richard Knopper rencananya akan dikontrak PSM Makassar selama dua tahun, sama seperti pelatih PSM Makassar terbaru asal Belanda, Wim Rijsbergen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar